Sabtu, 26 September 2015

Apa itu PHP, Ajax, JQuery?

Apa itu PHP ?

PHP adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena itu sintaks dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam format HTML. Jadi kode program yang ditulis dalam PHP tidak akan terlihat oleh user sehingga keamanan halaman web lebih terjamin.
Kepanjangan PHP adalah Hypertext Prepocessor, dirancang untuk membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan halaman permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web. PHP adalah Open Source Product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas. Untuk versi terbaru PHP dapat diunduh gratis di situs resminya www.php.net

Persiapan yang diperlukan untuk belajar PHP diantaranya adalah:
  1. Sistem operasi bisa menggunakan windows
  2. Browser seperti mozilla firefox, internet explorer, google chrome dll.
  3. XAMPP merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi utama web di dalamnya. Di dalam XAMPP tersedia  instalasi modul PHP, MySQL, web server Apache. Untuk XAMPP terbaru dapat diunduh di  http://sourceforge.net/projects/xampp/
  4. Web editor. Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetikkan kode-kode program PHP, HTML, Javascript. Seprti Notepad, Notepad++, Adobe dreamweaver dan sebagainya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa itu jQuery?

jQuery adalah javascript,  jQuery mempunyai semboyan “write less, do more“, jQuery dirancang untuk memperingkas kode-kode javascript. JQuery adalah javascript library yang cepat dan dirancang untuk menangani dokumen HTML, menangani event, membuat animasi dan interaksi ajax. JQuery dirancang untuk mengubah cara anda menulis javascript.
Sebelum anda memulai mempelajari jQuery, anda harus mempunyai pengetahuan dasar mengenai HTML, CSS dan Javascript. Library jquery mempunyai kemampuan:
  • Kemudahan mengakses elemen-elemen HTML
  • Memanipulasi elemen HTML
  • Memanipulasi CSS
  • Penanganan event HTML
  • Efek-efek javascript dan animasi
  • Modifikasi HTML DOM
  • AJAX
  • Menyederhanakan kode javascript lainnya
Kemudian untuk memulai belajar jQuery, anda harus mendownload jquery.js dari situs http://www.jquery.com. Setiap anda menulis kode javascript dengan menggunakan jquery, jangan lupa untuk memasukkan file jquery.js ke dalam kode javascript anda.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pengertian Ajax

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML.  AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan bahasa pemograman web di sisi server seperti PHP dan ASP, sehingga membentuk suatu aplikasi berbasis web yang interaktif.

Apa yang perlu anda ketahui untuk belajar Ajax?

Sebelum anda memulai belajar PHP AJAX anda harus sudah mempunyai dasar diantaranya:
  1. HTML, bisa anda download tutorialnya atau baca dulu artikel belajar html dan css
  2. Javascript atau jquery, lihat artikelnya dan download tutorialnya belajar jquery
  3. PHP, baca dan download materinya panduan lengkap belajar php pdf
Setelah ketiganya anda kuasai barulah lanjut belajar php ajax, yang perlu anda ketahui  juga AJAX bukanlah bahasa pemograman baru, tetapi adalah teknik baru untuk membuat aplikasi web lebih baik, lebih cepat dan lebih interaktif. 
Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan server dengan menggunakan objek XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga server web, tanpa harus me-reloading halaman web tersebut secara keseluruhan.
Berikut adalah teknologi yang termasuk dalam aplikasi AJAX :
  • HTML yang digunakan untuk membuat Web forms dan mengindentifikasikan filed-field yang akan anda gunakan dalam aplikasi.
  • JavaScript adalah kode inti untuk menjalankanaplikasi Ajax dan untuk membantu memfasilitasi komunikasi dengan aplikasi .
  • DHTML, atau Dynamic HTML, membantu anda untuk membuat form atau web anda dinamis. Anda akan menggunakan <div>, <span> dan elemen HTML dinamis lainya.
  • DOM, Document Object Model, akan digunakan (melalui kode JavaScript) untuk bekerja dengan kedua struktur dari HTML dan XML anda yang dalam beberapa kasus berasal dari server.
Selengkapnya anda bisa mendownload ebook/tutorial AJAX PHP dan JQUERY untuk mempelajarinya, dengan daftar isi Ebook panduan lengkap php ajax jquery  diantaranya:
  1. Pengenalan Ajax: pengertian AJAX , XMLHttpRequest, Komunikasi dengan Server
  2. XMLHttpRequest Object: properti dan atribut
  3. Format Data Respon Ajax:  JSON, AHAH, XML
  4. Pengenalan jQuery, mulai dari apa itu jQuery, sintaks jQuery, jQuery Selectors, jQuery Events, Efek-efek dengan jQuery, manipulasi HTML dengan jQuery dan Web Tab Scroll Content(Contoh)
  5. jQuery Ajax, berisi fungsi-fungsi Ajax jQuery, Insert, Update dan Animasi Loading
gambar belajar php ajax

Tidak ada komentar: